Keputusan pembelian konsumen untuk membeli atau tidak membeli merupakan respons perilaku atas stimulan yang diterima konsumen. Model yang mendasarkan pada arus proses perilaku konsumen ini sering dikenal sebagai model rangsangan-tanggapan (stimulus-respons model).

Berikut adalah faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

Faktor personal

  • Kebutuhan masyarakat

Ternyata para konsumen dalam membeli suatu produk di dasarkan pada kebutuhan apa yang dia perlukan saat ini. Sebagai contoh : seorang pelajar akan lebih memilih membeli buku pelajaran ketimbang komik, karena pada saat itu buku pelajaran yang ia butuhkan untuk mengerjakan tugas di bandingkan komik yang hanya hiburan untuk melepas jenuh.

  • Persepsi

Persepsi ialah proses pemilihan, pengorganisasian dan pengartian informasi berdasarkan pengalaman pribadi. Maka persepsi seseorang dalam memilih produk dapat berbeda dengan orang lain karena perbedaan proses interpretasi seseorang terutama dipengaruhi oleh kadar dan proses pengalaman seseorang.

  • Sikap kea arah pilihan

Sikap adalah penilaian relative seseorang terhadap suatu produk atau pemikiran tertentu secara konsisten. Keputusan membeli atau tidak membeli merupakan konsekuensi dari sikap seseorang. Meskipun dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, sikap merupakan penilaian yang sangat subyektif.

Faktor pengaruh lingkungan

Keputusan membeli atau tidak membeli bias dipengaruhi oleh lingkungan seseorang. Seperti di peran seseorang di masyarakat, teman, keluarga

Marketing strategy

Merupakan variable di mana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhi konumen. Variable-variabelnya adalah barang, harga, periklanan dan ditribusi yang mendorong konsumen dalam proses pengambilan keputusan.

Sumber :